Kamis, 1 Juni 2017 dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas IB. Upacara yang digelar di Halaman gedung Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B tersebut diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai tak terkecuali juga tenaga honorer di Lingkungan Pengadilan Negeri Indramayu Kelas IB. Peringatan Hari Lahir Pancasila mengukuhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghargai dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Adapun tema dalam Peringatah Hari Lahir Pancasila kali ini adalah "Saya Indonesia, Saya Pancasila" yang dicanankan oleh pemerintah dan digunakan di setiap kegiatan peringatan hari lahir Pancasila. Dalam kegiatan ini, Bapak Radja Mahmud, S.H., M.H. Hakim yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B sebagai Inspektur Upacara membacakan naskah Sambutan Peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Presiden RI.

Dalam isi pidatonya, presiden mengingatkan kembali semangat roh keberagaman Indonesia. "Harus diingat, bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Itulah ke-bhineka-an kita" bunyi salah satu isi pidatonya. Menurut Presiden, saat ini ke-bhineka-an kita sedang mengalami tantangan dengan masuknya sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila.

Terakhir, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk saling bekerja sama menegakkan kembali nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa. Mengedepankan persamaan, bukan perbedaan. "Kita Indonesia. Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia. Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia. Saya Pancasila", tutup pidato Presiden.

Adapaun foto kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Pengadilan Negeri Indramayu adalah sebagi berikut :