Indramayu, 23 Januari 2020.

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan. Mengingat jenis layanan publik sangat beragam dengan sifat dan karakteristik yang berbeda, maka Survei Kepuasan Masyarakat dapat menggunakan metode dan teknik survei yang sesuai.

Berdasarkan hal tersebut Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B melaksanakan survei kepuasaan masyarakat dakam rangka pelaksaaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Survey kepuasaan masyarakat ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas IB.

Sebagai sample pada penelitian ini berjumlah 173 orang responden yg di ambil secara simple random sampling yang dilaksanakan pada bulan 01-07-2019 sampai dengan 27-12-2019 dengan menetapkan target Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 86% (delapan puluh enam persen. Mayoritas responden ini berumur 29 tahun sampai dengan 39 tahun tahun dengan jumlah 73 orang dari total 173 (42.2%). Mayoritas Pendidikan Terakhir Responden disini adalah S1 yang berjumlah 76 orang dari total responden 173 orang (43.93%).

Variabel pada pengukuran ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusuran Survei Kepuasan Masyarakat yang terdiri dari 9 ruang lingkup antara lain: 1. Persyaratan Pelayanan 2. Prosedur Pelayanan 3. Waktu Pelayanan 4. Biaya/Tarif Pelayanan 5. Produk Spesifikasi Jenis Layanan 6. Kompetensi Pelaksana 7. Perilaku Pelaksana 8. Penanganan Pengaduan 9. Sarana dan Prasarana.

hasil dari survei dapat kita lihat dalam grafik dibawah ini yang disajikan dalam masing-masing variabel.

 

  

 

 

 

 

 

Adapun kesimpulan pada masing-masing ruang lingkup sebagai berikut:

Tabel dan grafik tersebut di atas menunjukkan :

  1. Mayoritas responden menyatakan Persyaratan Pelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B SESUAI (50.87%).
  2. Mayoritas responden menyatakan Prosedur Pelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B MUDAH (51.45%).
  3. Mayoritas responden menyatakan Waktu Pelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B CEPAT (58.38%).
  4. Mayoritas responden menyatakan Biaya / Tarif pelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B MURAH (65.9%).
  5. Mayoritas responden menyatakan Produk Spesifikasi Jenis pelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B SANGAT SESUAI (76.88%).
  6. Mayoritas responden menyatakan Kompetensi PelaksanaPelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B KOMPETEN (50.87%).
  7. Mayoritas responden menyatakan Perilaku PelaksanaPelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B SANGAT SOPAN DAN RAMAH (57.8%).
  8. Mayoritas responden menyatakan Maklumat Pelayanan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B SANGAT BAIK (50.29%).
  9. Mayoritas responden menyatakan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas 1B DIKELOLA DENGAN BAIK (89.6%).

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh nilai hasil Survei Kepuasan Masyarakat di Pengadilan Negeri Indramayu Kelas I B sebesar 87,22 dan berada pada kategori A (Sangat Baik).